Aksi Nyata - Budaya Positif



Latar Belakang

Budaya positif adalah salah satu ciri dari sekolah yang menanamkan karakter pada anak. Sekolah mempunyai pengaruh dalam membentuk karakter siswa. Karakter yang baik dapat terbentuk dengan pembiasaan yang diterapkan di sekolah dan akan menjadi sebuah fondasi kuat bagi anak dalam mengarungi kehidupan kedepannya.

Tugas para gurulah untuk menuntun anak-anak memiliki karakter kuat yang dituangkan dalam visi, misi, tujuan dan program sekolah. Hal ini sesuai dengan makna pendidikan sendiri dari Bapak Pendidikan kita, Ki Hajar Dewantara:

“Adapun maksud pendidikan yaitu: menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya”

Sebagai guru berkewajiban membangun sebuah komunitas di sekolah untuk menyiapkan murid di masa depan agar menjadi manusia berdaya tidak hanya untuk pribadi tapi berdampak pada masyarakat.  Mengacu pada dasar Negara kita yaitu Pancasila beberapa karakter yang dapat kita terapkan untuk pembudayaan disekolah diantaranya Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Kreatif, Gotong Royong, Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis dan Mandiri. Karakter seperti ini bisa menyiapkan anak-anak menjadi manusia dan anggota masyarakat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan seperti tujuan pendidikan sendiri.

Di SMA yadika bandar lampung ada beberapa hal yang harus diperbaiki dalam pelayanan kepada siswa. hal tersebut salah satunya adalah kurangnya pemahaman guru terhadap penilaian dan refleksi dalam pembelajaran. Selain itu juga saya berencana untuk memaksimalkan web sekolah sebagai sarana guru untuk berbagi hal baik / pengetahuan yang dimiliki dengan mendorong untuk setiap guru dapat aktif menulis dalam web sekolah.

Deskripsi Aksi Nyata

  • Aksi nyata yang akan saya dan rekan saya CGP di SMA Yadika Bandar Lampung adalah membentuk komunitas praktisi untuk saling berbagi dan sharing  tentang  bentuk penilaian dan pentingnya refleksi dalam pembelajaran.  
  • Memaksimalkan web sekolah dengan memdorong agar rekan guru aktif berkotribusi sebagai penulis dan memfasilitasi dalam melakukan publikasi artikel

Pelajaran yang didapat

Melalui kolaborasi yang baik dengan rekan guru di SMA Yadika dan adanya keinginan bersama untuk Bergerak dalam melakukan perubahan merupakan salah satu faktor pendukung . kami mencoba untuk menggerakkan rekan guru yang kurang memahami penilaian dan penting refleksi dalam pembelajaran.


Rencana Perbaikan Dimasa Mendatang

Kami berharap adanya kerjasama yang baik antara rekan guru agar murid di SMA Yadika Bandar Lampung mendapatkan pelayanan yang baik. Rencana perbaikan yang akan kami lakukan adalah:

  1. Menyampaikan rencana aksi dan meminta ijin kepada Kepala Sekolah serta meminta dukungan moral rekan sejawat.
  2. Melakukan pertemuan awal untuk membagi tugas masing masing komunitas dan jadwal pertemuan rutin
  3. Mempersiapkan alat pendukung dalam kegiatan (Contoh format penilaian dan RPP)
  4. Menyampaikan tujuan kegiatan komunitas dalam rapat dan jadwal kegiatan kepada rekan guru dan meminta tanggapan dari kegiatan ini.
  5. Setelah ada tanggapan positif dari rekan guru, maka jadwal yang telah dibuat disampaikan kepada mereka
  6. Membuat laporan dalam bentuk artikel, menyampaikan hasil kepada Kepala Sekolah dan memaparkannya pada rekan sejawat
  7. Mempublikasikan artikel pada web sekolah
  8. Melakukan refleksi atas kegiatan yang sudah dilaksanakan.


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Tetap semangat para guru2 dalam menjalankan tugas mencerdaskan generasi penerus bangsa..

    BalasHapus